Babinsa 17 Dungkek Lakukan Pengecekan dan Penyekatan Hewan Ternak Sapi di Pelabuhan

54 Views

Radarsumenep.com – Pemerintah saat ini masih gencar dalam upaya mengatasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang masih mewabah di berbagai daerah, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan saat sekarang ini yaitu dengan melakukan pengecekan kesehatan dan Penyekatan di Pelabuhan terhadap hewan ternak seperti sapi oleh Koramil 0827/17 Dungkek Kopda Nurwahid dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Upaya lain juga di lakukan pemerintah yaitu dengan mendirikan pos penyekatan di beberapa titik yang memungkinkan hewan ternak dari daerah lain masuk ke Kabupaten Sumenep.

Untuk mengatasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), Babinsa Koramil 0827/17 Dungkek jajaran Kodim 0827/Sumenep Kopda Nurwahid bersama Dinas terkait melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak di Pelabuhan Dungkek Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, Sabtu (10/09/2022).

Pada kesempatan ini Babinsa Koramil 0827/17 Dungkek Kopda Nurwahid bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan pengecekan dan penyekatan di Pelabuhan Dungkek apabila dalam pengecekan ditemukan hewan ternak sakit, agar dipisahkan, kemudian dilaporkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebagai penanggung jawab.

Saat di Konfirmasi Babinsa Koramil 0827/17 Dungkek Kopda Nurwahid menyampaikan bahwa dengan melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak dan penyekatan secara rutin di pelabuhan Dungkek dapat mengetahui kondisi kesehatan hewan yang keluar masuk pelabuhan.

“Apabila dalam pengecekan tersebut ditemukan ada hewan ternak yang sakit, segera laporkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebagai penanggung jawab, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ungkap Kopda Nurwahid.

Lebih lanjut beliau mengatakan, “Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Sumenep,” tutup Babinsa. Pendim 0827/Sumenep. (yud/fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.