Polres Sumenep Terjunkan 157 Personil Pengamanan Ritual Adat Nyadar

113 Views

Radarsumenep.com – Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Polres Sumenep Madura Jawa Timur menerjunkan sebanyak 157 personil untuk pelaksanaan ritual adat nyadar di Asta Angga Suto/ Asta Syeh Gubang Desa Kebundadap Barat Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Sabtu (16/07/2022)

Pengamanan kegiatan pelaksanaan ritual adat nyadar dipimpin langsung oleh Kapolres Sumenep Akbp Edo Satya Kentriko.,S.H.,S.I.K.,M.H. Dimana kegiatan nyadar tersebut diikuti masyarakat kurang lebih 500 orang.

Adapun susunan acara ritual adat nyadar diawali dengan kegiatan pesiapan (mengumpulkan kembang ziarah kubur yang dibawa oleh masyarakat pengikut dan bakar dupa, Juru kunci asta angga suto/asta syeh gubang K. Mathor bersama para sesepuh/pemangku adat nyadar duduk didepan pintu asta selanjutnya membukakan pintu asta dan para sesepuh/pemangku adat bersama masyarakat masuk ke dalam asta untuk ziarah kubur.

Langkah langkah yang telah dilakukan personil polisi dalam memberikan pengamanan kegiatan nyadar, melakukan patroli dan pengamanan kegiatan, memberikan himbauan kepada masyarakat terkait kamtibmas dan untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memberikan himbauan terkait Vaksinasi guna tercapai capaian vaksinasi.

Kapolres Sumenep mengatakan bahwa pengamanan dilakukan oleh Kepolisian dalam rangka sebagai upaya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam menjalankan ritual nyadar sehingga kegiatannya dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (hms/fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.