Rumah Vokasi, Harapan Baru Masyarakat Jawa Timur

162 Views

Radarsumenep.com- Hadirnya rumah Vokasi di Kabupaten Gresik diharapkan menjadi kontribusi besar terhadap peningkatan ketrampilan dan  penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) khususnya bagi  lulusan SMK di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Rumah Vokasi di Kabupaten Gresik, Jumat (24/6) lalu.

“Kalau ada rumah vokasi di sini, Insyaallah akan berdampak lebih signifikan pada penurunan TPT khususnya lulusan SMK di Jatim, termasuk di Gresik ini,” ujar Khofifah.

Rumah Vokasi ini akan memberikan dampak lebih signifikan bila mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Terlebih apabila mampu membangun kerjasama dengan Fakultas Vokasi serta  dunia usaha, dunia  industri dan dunia kerja.

Menurut Khofifah, Pemprov Jatim siap berperan aktif dalam memberikan dukungan dengan mengizinkan tanah milik Pemprov Jatim untuk digunakan dalam pengembangan pendidikan  vokasi jika ingin didirikan di Gresik.

Dukungan itu dilakukan karena melihat Gresik termasuk salah satu daerah industri ring satu Jawa Timur.

“Harapan kami, warga Gresik akan berperan signifikan khususnya bagi siswa  SMK untuk mengisi area  industri sehingga  secara spesifik diarahkan agar  sesuai dengan peluang kerja yang dibutuhkan,” imbuh Khofifah.

Adapun persentase industri manufaktur di Jawa Timur, lanjut Khofifah telah mencapai lebih dari 30%. Namun untuk menjawab kebutuhan tersebut dibutuhkan pendidikan dan pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri manufaktur tersebut.

Rumah vokasi, kata dia, harus direvitalisasi agar mampu mengakomodasi kebutuhan industri dengan penyesuaian kurikulum pada pendidikan dan pelatihan vokasi. Termasuk dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan vokasi khusus seperti di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK.

Khofifah menyebut bahwa langkah ini sudah sesuai dengan Peraturan  Presiden nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan  vokasi dan pelatihan  vokasi.(paj/fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.